Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran,
guru harus menghidupkan pengetahuan.
Kebenaran guru bukan hal yang absolut,
karena murid bukan kerbau yang harus serba nurut.
Kelas bukan untuk menyucikan diktat penuh angka,
pengetahuan bukan ayat-ayat penuh dogma.
Ilmu jangan hanya obyek hafalan,
ilmu untuk memahami dan menuntaskan persoalan.
Sekolah perlu terus membuka diri pada perubahan,
guru jangan segan beradaptasi dengan kebaruan.
Agar belajar menjadi proses yang menyenangkan,
agar kreatifitas terus ditumbuh kembangkan.
Siswa niscaya akan haus pengetahuan,
ijazah takkan mengakhiri proses pembelajaran.
Inilah pengajaran yang memanusiakan manusia,
bukan pendidikan yang mengkerdilkan siswa.
Tinggal tunggu waktu lahirnya generasi pencipta,
mereka yang akan harumkan Indonesia dengan karya.
Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan,
tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan.
guru harus menghidupkan pengetahuan.
Kebenaran guru bukan hal yang absolut,
karena murid bukan kerbau yang harus serba nurut.
Kelas bukan untuk menyucikan diktat penuh angka,
pengetahuan bukan ayat-ayat penuh dogma.
Ilmu jangan hanya obyek hafalan,
ilmu untuk memahami dan menuntaskan persoalan.
Sekolah perlu terus membuka diri pada perubahan,
guru jangan segan beradaptasi dengan kebaruan.
Agar belajar menjadi proses yang menyenangkan,
agar kreatifitas terus ditumbuh kembangkan.
Siswa niscaya akan haus pengetahuan,
ijazah takkan mengakhiri proses pembelajaran.
Inilah pengajaran yang memanusiakan manusia,
bukan pendidikan yang mengkerdilkan siswa.
Tinggal tunggu waktu lahirnya generasi pencipta,
mereka yang akan harumkan Indonesia dengan karya.
Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan,
tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan.
#Catatan MataNajwa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar