Selasa, 05 November 2019

APA ITU KOMPUTER..???


Sampai dengan hari ini masih sering kita mendengar pertanyaan seperti itu. Walaupun pada kenyataannya mereka sering melihat dan menggunakan komputer. Pada kesempatan ini kita akan sama-sama melihat dan membaca kembali tentang komputer, mulai dari sejarahnya sampai dengan generasinya.

Komputer Generasi Keenam
Komputer Generasi Pertama









Sejarah komputer

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage (lahir 26 Desember 1791 – meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun) adalah seorang matematikawan asal Inggris.  Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah. Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, 
Sejarah Komputer
Charles Babbage
Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani Computare yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris To Compute yang artinya menghitung.

Secara umum Komputer dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.

Sejarah Komputer
Komputer dan komponennya

Jika dijabarkan menurut pendapat ahli, komputer bisa diartikan sebagai alat yang dapat melakukan tugas untuk menerima input, memproses input, menyimpan, dan membuat output. Pendapat dari Robert H. Blissmer ini juga menjadi pengertian dari sistem komputer yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai alat elektronik. Menurut Elias M. Awad, komputer merupakan alat penghitung yang dapat memproses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data. Baik itu data digital maupun data analog. Sedangkan menurut William M. Fuori, komputer adalah alat untuk memproses data yang juga bisa melakukan perhitungan secara cepat.

Fungsi komputer

JIka Anda diberi pertanyaan mengenai apa fungsi dari komputer, tentu sebagian dari Anda menjawab dengan berbagai jawaban yang berbeda. Ada yang menjawab untuk bekerja, bermain game, menonton film, dan lain-lain. Sebenarnya, komputer memiliki 4 fungsi utama yang sudah ada pada poin pengertian di atas. Yaitu menerima input, memproses input, menyimpan input, serta menyajikan output.

Input merupakan salah satu fungsi komputer yang berguna untuk menerima data maupun informasi dari luar. Processing merupakan fungsi yang berguna untuk memproses data-data yang masuk dan akan tersimpan ke memori internal. Sedangkan fungsi output adalah menampilkan data yang sudah dimasukkan dan bisa Anda lihat hasilnya.

Untuk Macm-macam generasi komputer kita akan bahas pada tulisan berikutnya.
Terima kasih.*_*






Sumber :
http://yudilesmana.blogspot.com/
https://www.romadecade.org/
https://dwinctjp.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar